7 Manfaat Membaca Buku Setiap Hari - Pustaka Pelangi Pasanggrahan

Space Iklan

test banner

Breaking News

Post Top Ad

test banner

Post Top Ad

test banner

07 July 2020

7 Manfaat Membaca Buku Setiap Hari


Foto : Anak - anak Tengah asik membaca di Perpustakan Desa Pustaka Pelangi

Pustaka Pelangi News - Buku adalah jendela dunia. Lewat sebuah buku, berbagai kisah dan wawasan baru bisa Anda dapatkan.
Tapi, membaca buku tak cuma perkara menambah wawasan. Lebih dari itu, membaca buku setiap hari memberikan manfaatnya untuk menjaga fungsi otak. Manfaat itu bahkan diklaim bisa bertahan seumur hidup.

Jadi, kapan terakhir kali Anda membaca buku? Jika sudah terlalu lama meninggalkannya, maka Anda kehilangan sederet manfaat yang diberikan dari kebiasaan membaca buku.

Seperti yang di Lansir Healthline, berikut 7 manfaat membaca buku setiap hari.

1. Memperkuat otak

Bukan rahasia lagi, kegiatan membaca buku dapat membantu memperkuat otak. Hal tersebut telah dibuktikan dalam sejumlah penelitian.

Para peneliti menyebut, kegiatan membaca buku melibatkan jaringan sirkuit dan sinyal yang kompleks dalam otak. Saat kemampuan membaca buku Anda bertambah, jaringan-jaringan itu akan menjadi lebih kuat dengan sendirinya.

2. Meringankan gejala depresi

Orang dengan depresi sering merasa terisolasi dan terasing dari orang lain. Perasaan itu sangat sulit untuk diatasi.

3. Mencegah penurunan fungsi kognitif

Beberapa studi mempelajari hubungan antara kebiasaan membaca buku dan penurunan fungsi kognitif pada orang lanjut usia. Hasilnya, fungsi kognitif pada lansia yang rajin membaca buku cenderung meningkat.

Foto : Mengisi Liburan, anak - anak mengisi dengan membaca di Pustaka Pelangi

Baca Juga :
Kendati diyakini dapat meningkatkan fungsi kognitif, namun belum ada bukti yang meyakini bahwa membaca buku dapat mencegah penyakit seperti Alzheimer.

4. Meningkatkan kemampuan berempati

Sejumlah penelitian menemukan, orang yang gemar membaca buku fiksi sastra punya kemampuan yang tinggi untuk berempati dan memahami perasaan orang lain.

Para peneliti menyebut, empati menjadi keterampilan penting bagi seseorang untuk membangun dan memelihara hubungan sosial.

5. Mengurangi stres

Baca lah buku untuk mengurangi stres yang dirasa. Sekelompok peneliti pernah mengamati efek yoga, humor, dan kegiatan membaca buku pada tingkat stres seseorang. Hasilnya, 30 menit membaca buku dapat menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan perasaan tertekan. Manfaat ini sama efektifnya dengan yoga atau mendengarkan cerita jenaka.

6. Menambah kemampuan berbahasa

Buku selalu diisi oleh ribuan kosakata yang tumpah ruah di sana. Kehadiran ribuan kosakata itu membuat kebiasaan membaca buku secara bertahap mampu mengembangkan kemampuan seseorang dalam berbahasa.

Penting untuk dicatat, kemampuan untuk berbahasa menjadi salah satu faktor penting dalam kehidupan. Sebuah jajak pendapat menemukan, 69 persen perusahaan akan mempekerjakan karyawan dengan keterampilan berbahasa yang mumpuni. Membaca buku menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Anda.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Sejumlah dokter menyarankan untuk menjadikan kegiatan membaca buku sebagai rutinitas sebelum tidur secara teratur. Cara ini membuat tidur menjadi lebih baik.


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad