DPMPD Kunjungi Pustaka Pelangi - Pustaka Pelangi Pasanggrahan

Space Iklan

test banner

Breaking News

Post Top Ad

test banner

Post Top Ad

test banner

09 July 2020

DPMPD Kunjungi Pustaka Pelangi

Foto :Tim DPMPD, Madrais, SE dan Ketua Pustaka Pelangi


Pustaka Pelangi News - Kemajuan pembangunan infrastruktur Kabupaten Tangerang kini bisa di rasakan walaupun masih belum merata. Dulu, jalanan yang tadinya berbatu, berlumpur bahkan becek dikala di guyur hujan datang, namun sekarang sudah beraspal, betonisasi, Gang-gang kecil dulu susah dilewati motor, kini sudah rapi tertata vaping block atau yang sejenisnya. Tempat atau gedung - gedung pelayanan publik terus digenjot. Fasilitas pengobatan, sekolah lengkap dengan sanitasinya dan perpustakaan dapat dinikmati masyarakat serta  banyak lagi yang lainnya.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa ( DPMPD ) Kabupaten Tangerang dalam kunjungannya ke Perpustakaan Desa Pustaka Pelangi Desa Pasanggrahan siang tadi, Kamis 09/07/2020 yang di Pimpin oleh Fatimah dengan timnnya, adakan pembinaan kepada Pemdes dan Pengurus Perpustakaan Pustaka Pelangi.

Foto : Kunjungan Tim DPMPD, ke Pustaka Pelangi, Kamis 09/07/2020


Pembinaan Pemerintah Desa Kabupaten Tangerang sudah cukup baik menyangkut Perpustakaan perlu pemberdayaan pengembangan perpustakaan kegiatan inovasi - inovasi di masyarakat khususnya di Desa Pasanggrahan  yang berada di bawah naungan Pemerintah Desa.Ucap Udin dalam Sesi wawancara kepada tim Pustaka Pelangi. Kamis, 09/07/2020.

Baca Juga :

Beliau juga menjelaskan mengenai Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES ) menurut UU no. 6 Tahun 2014 BAB X Pasal 87 berbunyi :

1. Desa dapat  mendirikan  Badan  Usaha  Milik  Desa yang disebut BUM Desa.

2. BUM  Desa dikelola  dengan  semangat  kekeluargaan dan kegotongroyongan.

3. BUM   Desa   dapat menjalankan   usaha   di   bidang ekonomi  dan/atau  pelayanan umum sesuai  dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Bagaimana dengan peran perpustakaan ? beliau menjelaskan salah satu peran perpustakaan desa dengan pengembangan inovasi - inovasinya seperti kuliner, hantaran nikah, dan inovasi yang lainnya perlu di kembangkan dengan potensi yang ada  di Desa Pasanggrahan cukup banyak yang nantinya akan besinergi dengan OPD yang lain.

Foto : Kunjungan Tim DPMPD, ke Pustaka Pelangi, Kamis 09/07/2020


Dalam kunjungan tersebut Madrais selaku kepala desa Pasanggrahan mengatakan : "sehubungan dengan situasi keadaan pada saat ini yaitu dengan adanya covid-19 anggaran yang sudah dianggarkan di coret, namun demikian kepala desa dengan persetujuan masyarakat yang diwakili BPD apa yang dibutuhkan Bumdes maupun Perpustakaan saya akan menyetujuinya untuk pembiayaan apa yang harus di biayai, mudah - mudahan program utama ini yaitu Bumdes dan perpustakaan menjadi program unggulan di samping pembangunan dimasyarakat tetap berjalan walaupun terbatas".

Bagus bahasannya cukup sebagai bahan acuan pengembangan perpustakaan desa dengan tingkatan OPD lain terkait program kegiatannya bisa melibatkan semua kalangan. Tulis Jajang Wijaya dari Perpusip Kabupaten Tangerang berkomentar melalui Group WA Perpustakaan Desa Pustaka Pelangi

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad